SUKSES MEMBUAT ADONAN TANGZHONG

SUKSES MEMBUAT ADONAN TANGZHONG

           Membuat adonan roti bisa dilakukan dengan beragam teknikataupun metode. Salah satunya adalah metode Tangzhong. Metode ini cukup popular dan banyak digunakan dalam pembuatan roti pada beberapa waktu terakhir ini.

Dengan metode tersebut dapat menghasilkan roti dengan tekstur yang lebih lembut. Inti dari metode tangzhong adalah dengan membuat adonan pasta yang diyakini bisa lebih banyak mengikat air dan membuat tekstur roti lebih lembut walaupun tanpa bahan pelembut roti yang sering dipergunakan dalam pembuatan roti. Kelembutan tekstur roti pun bisa bertahan hingga beberapa hari.

Awalnya metode tangzhong ini banyak digunakan oleh masyarakat Cina untuk membuat adonan mi dan kulit pangsit. Namun seiring berkembangnya waktu, metode tangzhong akhirnya digunakan dalam pembuatan roti. Sebelum mencoba membuat adonan roti dengan metode tangzhong, sebaiknya simak beberapa hal berikut ini:

  •  Komposisi pembuatan pasta tangzhong menggunakan perbandingan antara tepung protein tinggi dengan air adalah 1 : 5
  •   Campuran air dan tepung dalam pembuatan adonan tangzhong dimasak dengan mencapai suhu 65 derajat Celcius

Hal ini dikarenakan pada suhu 65 derajat Celcius gluten dalam tepung menyerap kelembaban dan menjadi beragi. Sehingga ketika adonan tangzhong dicampur dengan bahan utama roti, kelembaban roti akan bertambah dan akhirnya menghasilkan tekstur yang lembut.

  •   Gunakan api kecil dalam memasak adonan tangzhong, hal ini dimaksudkan untuk mencegah adonan menjadi hangus dibagian bawahnya
  •  Untuk mengetahui suhu 65 derajat Celcius, bisa menggunakan thermometer (candy thermometer). Bila yidak mempunyai alat ini, bisa melihat tanda dari adonan sewaktu dimasak.

Jika melihat gelembung-gelembung kecil yang terbentuk di atas adonan, maka aduk terus adonan hingga gelembung menghilang.

Apabila terbentuk garis-garis bekas mengaduk di atas permukaan adonan, maka berhentilah mengaduk, angkat adoanan dan biarkan dalam suhu ruang. Adonan tangzhongpun siap untuk digunakan

  •  Sebelum adonan tangzhong digunakan, tuang adonan ke dalam mangkuk dan tutup bagian atasnya dengan plastik hingga menyentuh permukaan adonan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pembentukan film pada adonan tangzhong
  •   Bila terdapat sisa adonan tangzhong, simpan dalam lemari pendingin dan adonan ini dapat bertahan selama 3 hari. Tetapi sebelum digunakan kembali, adonan tangzhong harus dibiarkan pada suhu ruang

(Dikutip dari tabloid KOKI edisi 214)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s