PUTU AYU LABU KUNING

Memiliki blog masakan itu harus rajin mengolah bahan masakan menjadi sebuah hidangan yang lezat. Harus kuat melawan rasa malas yang tiba – tiba muncul entah dari mana datangnya.

Dan setelah saya bisa melawan rasa malas itu, akhirnya memutuskan akan membuat hidangan yang berbahan dari labu kuning. Sebenarnya ada banyak olahan kreatif berbahan labu kuning ini. Tapi saya ingin membuat yang mudah dulu.

Resep yang saya ambil dari tabloid koki edisi 329 ini sudah lama saya baca. Tapi niat untuk mencobanya masih maju mundur.

Jadi inilah salah satu olahan berbahan labu kuning, Putu Labu Ayu Kuning.

Bahan :

  • 5 butir telur ayam
  • 125 g gula pasir
  • 1 ½ sendok teh cake emulsifier
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili bubuk
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram labu kuning kupas, kukus dan haluskan
  • 125 ml santan kental dari ½ butir kelapa
  • Pewarna orange secukupnya

Bahan lapisan :

  • 150 gram kelapa parut
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Lapisan : campur semua bahan, aduk rata. Panaskan panci pengukus, kukus kelapa parut lebih kurang 15 menit. Angkat.
  2. Siapkan cetakan kue putu ayu beroles minyak. Beri kelapa parut kukus hingga 1/3 tingi cetakan (atau sesuai selera). Lakukan hingga kelapa parut habis.
  3. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok hingga rata.
  4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan dan labu kuning. Aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tambahkan pewarna orange, aduk rata.
  5. Panaskan panci pengukus. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi kelapa parut. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Angkat, bioarkan uapnya hilang. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.

putu-ayu-labu-upl

BROWNIES PUTU AYU

brownies putu ayu

Pertama kali liat resep ini, sempat terheran heran. Unik ya. Brownies kukus dibuat putu ayu. Ga bisa banyangin bagaimana ntar rasanya. Bisa nyambung nggak ya rasanya. Karena penasaran saya udah lamaaaa pengen nyobain resep ini. Dan baru tereksekusi sekarang.
Satu resep ini menghasilkan 20 buah brownies putu ayu. Saya sempat heran sih, padahal kan diresep tertulis 16 buah, la ini kok malah jadi 20 ya. Brownies ini lembuttt banget. Sama seperti resep brownies kukusnya NCC. Sama-sama lembut. And I love it. Dua-duanya, karena rasanya mantap.

Dan ternyata rasanya nyambung. Jadi kelapa dan browniesnya klop. Dan memang bener, brownies putu ayu ini dapat dijadikan salah satu alternatif sajian snack. Liat aja, penampilannya kan cantik. Pasti sangat menarik untuk dijadikan isian snack box.
Resep saya ambil dari blognya NCC indonesia yang ditulis ibu Fatma Bahalwan
BROWNIES PUTU AYU
BAHAN A:brownies putu ayu
•    4 butir telur
•    150 gram gula pasir
•    1 sdt cake emulsifier
•    ½ sdt garam
BAHAN B:
•    100 gram tepung terigu protein sedang
•    25 gram cokelat bubuk
BAHAN C, LELEHKAN:
•    100 gram margarin
•    60 gram dark cooking chocolate
•    1 sdm pasta cokelat black forest
BAHAN D:
•    1 bh kelapa, parut
•    ½ sdt garam
CARA MEMBUAT:
1.    Siapkan 16 buah cetakan putu ayu, polesi minyak tipis-tipis, sisihkan.
2.    Aduk rata bahan D, kukus hingga panas. Isikan masing-masing 1 sdm ke dalam cetakan putu ayu, tekan padat. Sisihkan
3.    Kocok bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata, tuangi bahan C aduk hingga rata benar.
4.    Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah berisi kelapa. Kukus 20 menit pada kukusan yang sudah beruap banyak. Angkat.

Satu brownies putu ayu dengan ditemani secangkir kopi di pagi hari. Hmmmm..what a wonderfull day.

brownies putu ayu
Jangan lupa saat memasukkan tepung aduk adonan dengan tehnik aduk balik. Begitu juga saat margarin cair masuk. Caranya masukkan spatula dengan cara memotong ditengah sampai dasr adonan lalu jalankan ke arah ke belakang dan balik ke arah atas. Perlahan aja ya. Jangan terlalu cepat karena bisa menyebabkan adonan turun
Margarin harus tercampur rata. Karena bila tidak tercampur rata akan menyebabkan terjadinya lapisan tebal di dasar cake.
Api kukusan jangan terlalu besar agar hasil cake tidak terlalu menggembung. Dan harus sudah beruap banyak.