RISOLES JAGUNG MANIS

Termasuk dalam kategori jajanan goreng. Kudapan asin ini sering menjadi varian isian snack box. Yang umumnya berisi ragout sayuran.
Dikenal dengan nama risoles. Di Indonesia risoles terdiri dari kulit luar dan isian. Kulit luar bertekstur seperti kulit pancake yang tipis. Adonannya disebut adonan dadar. Isiannya bisa ragout, bisa daging asap atau ayam asap dengan tambahan mayonaise atau keju.
Risoles yang saya buat ini resepnya dari tabloid Saji edisi 101 tahun 2007. Dan seperti biasa, saya tidak memodifikasi resep asli dulu sebelum saya tahu rasanya seperti apa.

RISOLES JAGUNG MANIS
Untuk 26 buah

Bahan Dadar :
• 150 gram tepung terigu protein sedang
• ¼ sendok teh garam
• 310 ml susu cair
• 1 sendok makan margarin, dilelehkan
• 1 butir, dikocok lepas

Bahan Isi :
• 2 sendok makan margarin
• 4 sendok makan tepung terigu protein sedang
• 350 ml air
• 1 buah paha ayam, direbus, disuwir – suwir
• 125 gram jagung pipil rebus, dimemarkan
• 1 batang daun seledri
• ¾ sendok teh kaldu ayam bubuk
• ¼ sendok teh garam
• ½ sendok teh merica bubuk
• ¼ sendok teh gula pasir

Bahan Pencelup (aduk rata):
• 50 gram tepung terigu protein sedang
• 150 ml air
• 200 gram tepung panir kasar untuk pelapis

Cara Membuat :
1. Isi : panaskan margarin. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuangi air sedikit – sedikit sambil diaduk sampai licin.
2. Masukkkan ayam suwir, jagung pipil, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai kental. Tambahkan seledri. Aduk rata. Biarkan dingin.
3. Dadar: aduk rata tepung terigu dan garam. Masukkan susu cair dan telur sedikit – sedikit sambil diaduk rata. Aduk rata. Tambahkan margarin leleh.
4. Buat dadar tipis – tipis di wajan dadar kecil diameter 10 cm.
5. Ambil selembar dadar. Beri isi. Lipat.
6. Celup ke bahan pencelup. Gulingkan di tepung panir kasar.
7. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

risoles jagung 1 risoles jagungJadi, setelah selesai membuatnya saya bisa tuliskan rasanya. Yang saya suka adalah bahan isi. Karena untuk bahan cairnya tidak menggunakan susu cair. Hanya menggunakan air. Mungkin untuk sebagian pembaca lebih suka menggunakan susu cair untuk bahan isinya. Tapi bagi saya, lebih suka menggunakan air karena kurang begitu suka aroma susu.
Namun begitu, menurut saya tidak mengurangi rasanya. Jumlah ayam suwirnya yang lebih banyak memberi rasa gurih dan kelezatan pada adonan isi. Apalagi adanya jagung manis pipil rebus menambah rasa manis – manis gurih.
Untuk yang bosan dengan isian risoles ragout sayuran, resep risoles ini bisa dicoba. Menambah variasi menu isian jualan snack box.
HAPPY COOKING AND BAKING ALL.

KROKET KEJU PAK SAHAK

Ini adalah resep kroket yang sangat mudah. Dikenalkan oleh seorang praktisi kuliner di Jakarta sekitar tahun 2007. Namanya pasti sudah tidak asing bagi pecinta baking. Ya, pak Sahak Pribadi. Bapak satu ini humoris banget. Ramah dan sabar. Saya sudah pernah bertatap muka secara langsung saat ada acara latihan bareng. Wah, rasanya sudah lama ya pak, kita tidak latihan bareng lagi.
Nama resepnya Kroket Keju. Resep dengan bahan yang mudah didapat serta cara membuat yang sangat gampang. Dijamin anti gagal. Dan rasanya enak sekali.
Saya sendiri sudah sering membuatnya. Biasanya untuk stok camilan dalam keluarga saya. Simpan di freezer dan bertahan sekitar 3 mingguan.
Resep yang saya tulis ini masih resep asli yang saya dapat dari milis NCC Indonesia dan belum saya modifikasi. Biasanya modifikasi ala saya, tambahkan susu bubuk atau bisa diberi isian sesuai selera.

kroket contoh 3KROKET KEJU Pak Sahak Pribadi
Bahan A :
• 1 kg kentang ( dikupas lalu digoreng dan dihaluskan selagi masih panas )
• 200 gram keju chedar parut
• 1 bungkus maggi blok
• 1 sdt garam
• 1 sdm gula pasir
• 1/2 sdt lada halus
Bahan B :
• 2 butir telor
• 200 gram tepung panir.
Cara membuat :
1. Campur semua bahan A menjadi satu lalu diaduk sampai merata dengan cara diuleni.
2. Timbang lalu dibentuk
3. Kocok telur lalu celupkan adonan yang sudah dibentuk.
4. Gulirkan ketepung roti dan lakukan sanpai dua kali.
5. Simpan dalam lemari es selama 1 jam.
6. Kemudian goreng sampai warnanya kecoklatan atau sampai matang.
Kroket keju ini bisa juga buat isian snack boks. Dengan biaya yang relatif murah tapi rasanya yang tidak murahan tentu bisa menjadi salah satu jualan terlaris.
Sajikan kroket keju ini dengan cabai hijau kecil atau saus sambal dan juga bisa dengan mayonaise.
Jadi HAPPY BAKING ALL.

TAHU SAKURA

Ini camilan sederhana. Teman minum teh atau kopi. Gampang dan cepat.
Ah sudahlah tanpa perlu banyak kata. This is it Tahu Sakura ala pawonsgallery

 

tahu sakuraTAHU SAKURA
Untuk 11 buah

Bahan :
• 450 gram tahu putih
• 1 bungkus bihun jagung ( saya pakai yang satu kemasan isi satu), rendam air mendidih, setelah lunak potong – potong pendek.
• 2 buah wortel. Potong kotak kecil – kecil
• 2 tangkai bawang prei, iris halus
• 10-11 butir telur puyuh, rebus dan kupas
• 1/2 sdm garam
• ½ sdt merica bubuk
• ½ sdt kaldu bubuk
• 1 butir telur

Bumbu Halus :
• 3 siung bawang putih
Bahan pencelup :
• 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
1. Haluskan tahu, masukkan bihun yang sudah dipotong – potong. Aduk rata.
2. Masukkan wortel, irisan bawang prei, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan bumbu halus. Aduk rata. Tambahkan satu butir telur. Aduk rata.
3. Sendokkan adonan tahu ke dalam cetakan. Taruh telur puyuh di tengahnya. Kukus lebih kurang 25 menit.
4. Dinginkan dan lepaskan dari cetakan.
5. Celupkan ke dalam bahan pencelup. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.

tahu sakura

 

SOSIS SOLO

Ahh…berhasil juga saya mengeksekusi resep ini. Snack asin yang saya suka. Namanya sosis solo. Entah kenapa dinamakan seperti itu.

Snack berisi ayam cincang atau daging cincang ini hampir selalu ada dalam isian snack boks. Hampir mirip dengan lemper.

Dari resep-resep sosis solo yang ada, saya suka dengan resep sosis solo dari pak Sahak. Sangat sederhana dan mudah untuk membuatnya.

Pada saat memasak isiannya, setelah santan dituang, aduk sesekali hingga agak kering. Isiannya ini bisa disimpan di kulkas jika belum dipakai.

Penambahan jumlah cairan ke adonan kulit lakukan sedikit demi sedikit. Hingga diperoleh adonan yang licin. Saring jika perlu. Tambahkan cairan jika adonan terlalu kental.

Yang harus diingat adonan kulit jangan terlalu kental juga jangan terlalu encer. Jika adonan terlalu kental akan menghasilkan kulit yang tebal. Begitu juga sebaliknya. Sehingga akan susah pada saat menggulungnya nanti. Kulit menjadi mudah pecah.

Lalu bagaimana cara mengetahui adona sudah pas?? Learning by doing. Ya, hanya dengan sering belajar membuatnya kita bisa mengetahuinya.

sosis soloSosis Solo Ayam

By: Sahak Pribadi

Bahan isi :

  • 300 gram ayam giling ( aku pake 450 gram)
  • 2 buah bawang merah, haluskan
  • 1 buah bawang putih, haluskan
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 buah Maggi Block (saya ganti dengan Chicken powder secukupnya)
  • Minyak untuk menumis
  • 100 ml santan kental instan

 

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang merah lalu masukkan ayam giling. Aduk smpai berubah warna
  2. Bumbui dengan merica, gula pasir, garam, chicken powder. Aduk. Masukkan santan masak hingga matang dan agak mengering. Sisihkan

Bahan kulit:

  • 300 gram tepung terigu protein rendah (saya pake all purpose flour)
  • 4 butir telur utuh
  • 30 gram margarin, cairkan
  • 1 sdm gula
  • 400 ml santan cair ( aku pake sekitar 500 ml )

Cara Membuat:

  1. Campur tepung, gula dan telur. Aduk rata.
  2. Masukkan santan cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga halus. Saring jika perlu
  3. Tuang mentega cair. Aduk hingga licin
  4. Dadar dengan menggunakan wajan teflon diameter 16 cm untuk menghasilkan sosis solo besar

Penyelesaian:

  1. Ambil selembar dadar, isi dengan adonan isi sebanyak 1 sdm lalu gulung

Jika dikerjakan dalam keadaan hangat tidak perlu putih telur untuk merekatkannya

  1. Simapan dalam kulkas selama 1 jam
  2. Celup ke dalam kocokan telur
  3. Goreng hingga matang.

Percayalah, walaupun sederhana tapi rasanya juara. Happy cooking all…

sosis solo

CHICKEN MAYO RISOLES

chicken mayo risolesCHICKEN MAYO RISOLES

Untuk 35 buah

Bahan kulit :

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt garam
  • 600 ml susu cair uht
  • 1 sdm mentega, lelehkan

Cara membuat :

  1. Aduk semua bahan jadi satu, saring jika perlu
  2. Buat dadar tipis – tipis diameter 16 cm. Sisihkan.

Bahan Isi :

  • 150 gram smoked chicken breast, potong-potong kotak
  • 115 gram mayones
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdt susu kental manis putih
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 100 gram keju parut
  • 4 butir telur rebus, iris

Bahan Pencelup :

  • 4 butir telur, kocok lepas

Bahan Pelapis :

  • 250 gram tepung panir

Cara Membuat :

  • aduk jadi satu bahan isi kecuali smocked chicken, keju parut dan telur rebus.
  1. Ambil selembar kulit. Letakkan sepotong telur, irisan smocked chicken beri campuran mayones lalu keju parut di atasnya. Lipat kiri kanan dan gulung.
  2. Celupkan pada bahan pencelup, angkat dan langsung gulingkan pada tepung panir .
  3. Lakukan hingga semua habis. Simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  4. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan bersama cabe rawit atau saus sambal sesuai selera.

Dan akhirnya kesampaian juga membuat snack asin. Chicken mayo risoles ini sebenarnya sama dengan american risoles. Hanya beda pada isiannya. Pada american risoles yang digunakan smoked beef.

Untuk kulit risoles saya menggunakan resep kulit risoles yang ditulis ibu Fatmah Bahalwan. Pada resep asli menggunakan wajan dengan ukuran 18 cm.

kulit risoles

Sedangkan untuk isiannya saya menggunakan resep dari majalah sedap edisi 10 tahun 2012. Hanya beda pada cara pembuatannya saja. Pada resep asli ada penambahan ayam rebus  yang disuwir-suwir. Dan cara membuatnya dengan mencampur semua bahan isi dan diaduk rata.

Dan hasilnya….this is it Chicken Mayo Risoles ala pawonsgallery.

chicken mayo risoles

Note : pada saat mencampur cairan ke tepung pada kulit risoles, tuang sedikit demi sedikit. Aduk sampai halus. Tetapi jika belum halus bisa disaring sebelum didadar. Dadar adonan kulit dengan api cenderung kecil.chicken mayo risoles

Kulit bisa disimpan di kulkas. Jangan lupa lapisi tiap lapis kulit dengan plastik agar tidak menempel jika akan disimpan di kulkas. Keluarkan dari kulkas dan biarkan di suhu ruang dahulu jika akan digunakan.

SKOTEL MAKARONI GORENG

skotel makaroni goreng

Skotel macaroni ini berbeda. Karena bukan dioven, tetapi dikukus lantas digoreng. Rasanya….hmmmmm coba sendiri aja. Asyik lo

Karena saya belum pernah memposting tentang snack asin, skotel macaroni goreng ini menambah referensi tulisan saya. Jujur saja, bagi saya membuat snack asin agak ribet, karena pasti akan menyisakan minyak bekas menggoreng yang banyak.

Skotel macaroni goreng ini bisa menjadi alternative isian snack box. Pembuatannya sangat mudah dan anti gagal. Bumbu-bumbunya sangat sederhana. Walaupun dengan bumbu yang sederhana, rasanya tetap enak.

Satu resep skotel macaroni goreng ini menghasilkan 30 buah. Cukup banyak kan???

Resepnya saya ambil dari tabloid saji edisi 195

SKOTEL MAKARONI GORENGskotel makaroni goreng

Untuk 30 buah

Bahan:

  • 100 gram macaroni pipa, direbus
  • 5 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 50 gram ayam giling
  • 3 buah sosis ayam, dipotong kotak kecil
  • 50 gram wortel, dipotong kotak kecil dan direbus ( kalau saya cukup saya seduh dengan air mendidih)
  • 50 gram keju cheddar parut
  • ¾ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 sdt seledri, cincang halus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit. Aduk rata
  2. Masukkan ayam giling, macaroni, sosis, wortel, keju parut dan daun seledri. Aduk rata
  3. Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan pala bubuk. Aduk rata
  4. Tuang ke dalam cetakan talam yang dioles tipis minyak
  5. Kukus 20 menit diatas api kecil sampai matang. Biarkan dingin
  6. Goreng macaroni dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.

TIP : kalau tak punya macaroni kecil, gunakan yang panjang. Tetapi gunting-gunting dahulu sebelum direbus.

skotel makaroni goreng

Nah bagaimana??? Udah,, ga usah terlalu banyak mikir, langsung eksekusi aja. Gak susah kok

Ok moms.. happy cooking ya.. I’m not chef but I love cooking