TAHU TELUR

Masakan ini banyak dijumpai di kota Malang tiap sore. Biasanya di warung pinggir jalan. Tapi ada juga yang warung – warung rumahan. Rata – rata yang berjualan orang Lamongan.

tahu telurMasakan berbahan dasar tahu ini sangat nikmat bila disajikan sore menjelang malam. Walaupun begitu ga ada salahnya kalo kita ingin menikmatinya sebagai menu sarapan. Sah – sah aja kok.

Tahu telur dengan guyuran saus kacangnya memberikan rasa mantap. Karena gurihnya kacang berpadu dengan legitnya kecap dan ada aroma petisnya memberikan kelezatan pada makanannya. Dinikmati dengan lontong ataupun nasi putih sama – sama memberikan rasa yang enak. Dan yang pasti kenyang…

tahu telur

Karena membuatnya yang sangat mudah, maka udah bisa dipastikan masakan ini bisa dibuat oleh semua kalangan. Kalau kangen dengan malang, ga ada salahnya bila kita buat sendiri.

 

TAHU TELUR

Untuk 3 porsi

Bahan tahu telur:

  • 200 gram tahu putih

  • 3 butir telur

  • 1 batang daun bawang/ daun prei ( kalau ga suka bias diskip)

  • Garam dan merica secukupnya

  • Penyedap rasa kalau suka

  • 100 ml minyak goreng

Saus kacang

Bahan A:

  • 100 gram kacang tanah goring

  • 7 buah cabai rawit merah ( atau sesuai selera)

  • 1 sdm bawang putih iris goreng

  • Garam secukupnya

Bahan B:

  • 50 ml air hangat (sesuai kebutuhan. Jika suka saus yang agak encer bisa ditambahkan airnya)

  • 1 sdt petis udang

  • 3 sdm kecap manis (sesuai selera)

Pelengkap: kecambah, daun seledri, dan kerupuk.

Cara membuat:

  1. Tahu telur: iris tipis tahu setebal ½ cm. Potong – potong 1 ½ x 1 ½ cm ( atau sesuai selera ). Sisihkan

  2. Kocok lepas telur, tambahkan daun bawang, garam dan merica bubuk. Kocok rata.

  3. Masukkan potongan tahu. Aduk rata

  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga berwarna coklat keemasan. Angkat. Sisihkan.

  5. Saus kacang: haluskan bahan A, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga saus menjadi agak kental.

  6. Masukkan petis udang, aduk/ulek rata. Tuang kecap manis, aduk rata

  7. Penyajian : tata tahu telur di piring saji, tuangi saus dan taburi dengan pelengkap. Sajikan.

Hmmmm…seporsi nasi tahu telur yang telah habis disambung dengan secangkir kopi. MANTAPSS

tahu telur

Have a nice day all…. tahu telur