SAYUR OYONG BAKSO SAPI

Sebenarnya sudah lama saya ingin memposting sayur ini. Mungkin terlihat sederhana, tapi bisa menghilangkan kejenuhan rasa saat kita sedang tidak ada ide untuk memasak apa hari ini.

Sayur ini sangat pas dinikmati pada saat cuaca sedang panas seperti sekarang. Kalau saya bilang ini pas sebagai pembangkit selera.

Sayur yang berisi oyong atau gambas, kol, dan bakso (bisa ditambah irisan sosis atau ayam) sangat mudah dibuat. Tidak memerlukan waktu lama untuk mengolahnya.

sayur oyong baso SAYUR OYONG BAKSO SAPI

Untuk 3 porsi

Bahan :

  • 1 buah oyong atau gambas, kupas dan potong – potong sesuai selera. Cuci bersih
  • ¼ bagian kol, potong – potong sesuai selera. Cuci bersih
  • 10 buah bakso sapi, belah jadi dua
  • 1 butir tomat ukuran kecil
  • 2 tangkai seledri
  • 2 liter air (atau sesuai selera)
  • Garam dan gula secukupnya
  • Bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir merica

Cara membuat :

  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan oyong, rebus hingga setengah matang.
  2. Masukkan bumbu halus. Rebus hingga aroma bumbu tercium.
  3. Masukkan kol. Masak hingga setengah matang. Tambahkan garam dan gula.
  4. Masukkan bakso sapi. Masak hingga matang. Tambahkan daun seledri dan irisan tomat.
  5. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.(copyright2014)

Dan, this is it sayur oyong bakso sapi ala pawonsgallery

sayur oyong baso

CAPCAY JAWA

Menurut yang saya baca, capcay dalam bahasa Cina berarti sepuluh macam sayur. Namun dalam pelaksanaannya syarat sepuluh macam itu tidak selalu dipenuhi sehingga tumisan sayur yang cuma terdiri dari 3-4 macam pun sudah disebut capcay.

Proses memasak capcay yang hanya ditumis tentu membuat siapa saja bisa memasaknya. Dan bumbunya pun hanya bawang putih, jahe. Kadang – kadang ditambahkan bawang bombay.

Capcay yang saya buat kali ini capcay jawa. Resep saya ambil dari majalah sedap pemula edisi 64 tahun 2011.

capcay jawa

CAPCAY JAWA

Lama membuat 45 menit. Untuk 6 porsi

Bahan :

  • 5 buah otak – otak, potong serong ( tidak saya pakai )
  • 5 buah bakso ikan (saya ganti bakso sapi)
  • 1 buah wortel potong serong tipis
  • ½ buah kembang kol, petik menurut kuntum
  • 4 buah keputren, potong serong
  • 4 lembar caisim (saya ganti dengan sawi hijau)
  • 4 buah jamur tiram, potong – potong (saya ganti dengan jamur champion segar)
  • 10 buah kapri, siangi (saya ganti dengan sawi putih)
  • 1 buah brokoli, petik menurut kuntum (dalam resep asli tidak ada, saya tambahkan sendiri)
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt kaldu bubuk (tidak saya pakai)
  • 1 sdt kecap manis
  • 200 ml air
  • 2 sdt maizena dengan 2 sdt air, larutkan untuk pengental
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah
  • 1 cm jahe

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Tambahkan otak – otak, bakso ikan, dan jamur tiram. Aduk – aduk.
  3. Masukkan wortel, kembang kol, dan keputren. Aduk sampai setengah layu.
  4. Tambahkan caisim dan kapri. Aduk – aduk.
  5. Bubuhkan garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan kecap manis. Aduk rata.
  6. Tuangkan air. Biarkan mendidih lalu masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup – letup. Angkat.

capcay jawaDan memang mudah bukan? Karena namanya capcay jawa jadi tidak ada tambahan saus penyedapnya seperti kecap asin, saus tiram, minyak wijen dan kecap ikan.

HAPPY COOKING BUNDA

 

GULAI DAUN PAKIS

Sayuran yang termasuk tumbuhan paku ini sudah jarang saya temui di pedagang sayur. Mungkin karena peminatnya yang sudah mulai berkurang atau tumbuhan itu sendiri yang sudah mulai jarang.

daun pakis 1

Mengenai manfaatnya, sangat banyak. Di sini saya tidak membahas tentang manfaatnya. Tetapi tentang olahan daun pakis ini.

Sebenarnya saya masih awal dalam berkenalan dengan sayur ini. Yang lebih dahulu merasakan olahan sayur ini suami saya. Awalnya sempat ragu, geli dengan melihat bentuknya serta bingung cara mengolahnya.

Dan akhirnya, tara…sekarang jadi sayur favorit saya. And I love it. Saya benar-benar ketagihan. Sayurnya renyah.

Untuk resepnya saya pergunakan resep gulai sayur pakis. Tapi saya sesuaikan dengan lidah jawa. Jadi bukan gulai pakis padang tapi bulai pakis jawa.

sayur daun pakisGULAI JAWA DAUN PAKIS

Untuk 7-8 porsi

Bahan :

  • 3 ikat daun pakis (satu ikat kira – kira segenggaman tangan orang dewasa). Potong – potong daun yang masih muda. Yang belum mekar dan batangnya masih lunak.
  • 3 sdm udang rebon (bisa menggunakan udang segar. Karena saya alergi udang segar, jadi saya menggunakan udang rebon)
  • 1 liter santan dari satu butir kelapa
  • 1 buah tomat ukuran sedang (sebagai ganti asam kandis)
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 1 genggam bawang merah (8-10 butir)
  • ½ genggam bawang putih (5-6 siung)
  • Cabai rawit merah secukupnya (karena saya suka pedan jadi saya memakainya sekitar 1 genggam)
  • 1 buah cabai merah besar
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu bubuk jika suka

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan udang rebon atau udang segar. Aduk – aduk sebentar.
  2. Tuang santan. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan daun pakis. Aduk – aduk sebentar. Masak hingga santan agak kental dan daun pakisnya setengah empuk.
  4. Angkat dan sajikan

sayur daun pakis

Dan sayur daun pakis siap menemani saya di hari senin yang cerah ini. Happy cooking mom.

 

 

TUMIS PEPAYA MUDA

Time for my blog.. Sudah lama saya tidak menulis. Disamping bingung apa yang harus saya tulis juga karena saya sedang menjalani diet food combining.

Dan sekarang saya ingin berbagi tentang masakan favorit saya. Tumis pepaya muda. Masakan yang sudah jarang ditemui di kota besar. Tapi kalau di desa, masakan ini masih sering dijumpai.

DSCN3686 A B

TUMIS PEPAYA MUDA

Untuk kurang lebih 8 porsi

Bahan :

  • 1 buah pepaya muda ukuran kecil. Kurang lebih 500 gram. Kupas
  • 100 gram kecambah
  • 8 butir bawang merah ukuran sedang, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 buah cabai rawit merah ( atau sesuai selera ), iris tipis.
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 2-3 sdm kecap manis
  • 200 ml air
  • Garam, gula pasir, merica secukupnya. Bisa ditambahkan penyedap jika suka
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Iris tipis memanjang pepaya muda seperti bentik mie atau sesuai selera. Cuci, sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang merah hingga harum. Tambahkan bawang putih. Tumis sampai layu. Masukkan cabai rawit merah dan lengkuas. Aduk sebentar.
  3. Masukkan irisan pepaya. Aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Tunggu hingga layu sambil sesekali diaduk agar tidak gosong.
  4. Setelah layu, masukkan kecambah. Aduk rata.
  5. Tuang air. Masak hingga pepaya muda lunak.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica. Aduk rata.
  7. Tambahkan kecap manis. Aduk rata. Masak sebentar sampai pepaya matang. Angkat

Irisan pepaya muda yang saya iris tipis memanjang sepintas kelihatan seperti mie. Memang memerlukan waktu lama untuk mengiris tipis pepaya muda ini. But worth it. Namun jika tidak ingin repot, bisa diiris sehari sebelumnya dan masukkan ke wadah kedap udara lalu masukkan ke lemari pendingin.

tumis pepaya

Dan…. This is it Tumis pepaya muda ala dapur pawonsgallery. Stay in cook. Ok.

SUP DAGING BUMBU PALA

Sepintas tidak ada yang istimewa dari sup ini. Yup..dimana saja sup pasti mempunyai bumbu yang hampir sama. Tapi….sup ini berbeda. Dengan tambahan daging yang pasti membuat sup daging ini menjadi lebih istimewa.

Sup yang biasanya berisi wortel, buncis, kentang, dan kol, kali ini saya membuatnya dengan tambahan daging. Alasannya adalah agar rasa sup ini lebih terasa mantap. Dan memang aroma sup ini sangat menggoda indera penciuman saya. Terutama suami saya. Menambahkan daging ke dalam sup adalah cara saya agar suami doyan dengan sayuran sup ini. Dan berhasil.

Aahhh….bahagianya bila saya bisa menyajikan masakan yang tidak disukainya menjadi disukai. And I love cooking.

Sup Daging Bumbu Palasup daging bumbu pala

Untuk 7 porsi

Bahan :

  • 350 gram daging sup, direbus
  • 2 buah wortel, potong sesuai selera. Bisa kotak 1 ½ x 1 ½ cm atau bulat agak tebal.
  • 100 gram buncis, dipotong 2 cm
  • 200 gram kentang, dipotong kotak
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • ¾ sdt pala bubuk
  • 2000 ml air kaldu, dari rebusan daging
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1 tangkai daun seledri, diiris halus
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ¼ sdt merica bubuk

Cara memasak :

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum
  2. Tuang air kaldu. Masak hingga mendidih
  3. Masukkan daging, wortel, buncis, dan kentang. Masak hingga sayuran agak layu.
  4. Tambahkan garam, gula pasir, dan pala bubuk. Masak hingga matang
  5. Masukkan daun bawang dan daun seledri menjelang diangkat.

Hidangan yang kita sajikan akan menjadi sesuatu yang istimewa kalau kita memasak dan menghidangkannya dengan cinta. Dan…Happy cooking all.

sup daging bumbu pala

SUP SOSIS TELUR PUYUH

sup sosis telur puyuh

Cuaca panas seperti ini paling enak kalo kita bikin masakan yang segar. Sebenarnya keinginan bikin sayur sup udah lama. Tapi endingnya pasti ke sup yang konvensional. Bosennnnn.

Nah akhirnya nemu resep ini. Variasi lain dari masakan sup. Sup yang ini beda. Karena tidak ada wortel pada bahannya. Hanya menggunakan sosis sapi dan ayam, serta buncis dan kapri sebagai sayurnya.

sup sosis telur puyuh

Sebenarnya kalo masak sup saya suka sedih. La wong hubby jarang sekaliiii suka sama masakan yang satu ini. Biasanya sering sekali buang. Karena ga kemakan. By the way, dengan sup ini pasti anak-anak sangat suka. Kan anak-anak paling suka tuh ama yang namanya sosis. Bener ga??

Wes daripada mikir bener apa ga bener, mending langsung masak aja. Dicoba dulu pasti suka dengan cita rasanya. Nah sekarang saya akan menikmati makan siang saya..HAPPY COOKING MOMS

Resep diambil dari tabloid saji 227

sup sosis telur puyuhSUP SOSIS TELUR PUYUH

Untuk 8 porsi

Bahan:

  • 3 buah sosis ayam, dipotong 3 cm, dikerat
  • 3 buah sosis sapi, dipotong 3 cm, dikerat
  • 10 buah telur puyuh, direbus, kupas
  • 50 gram kapri, disiangi
  • 50 gram buncis, disiangi, dipotong 3 cm
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 1 tangkai seledri, diikat
  • 4 siung bawang putih goreng utuh, dimemarkan
  • 1800 ml air ( aku kurangi jadi 1500 ml)
  • 1 blok kaldu ayam
  • 3 ½ sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm

Cara membuat:

  1. Rebus air, jahe, seledri, dan bawang putih sampai mendidih dan harum
  2. Masukkan buncis, kapri, sosis, dan telur puyuh. Masak sampai setengah matang.
  3. Tambahkan kaldu blok, garam, gula pasir, merica bubuk, dan pala bubuk. Masak sampai matang.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata

CAH SAWI PUTIH DENGAN TELUR

Wah…sudah lama sekali ga masak sayur. Harusnya menu sayur ini selalu ada di meja menemani karbohidrat. Cuma kadang saya suka bingung dengan menu sayurnya. Secara hubby kurang begitu suka dengan segala macam sayur. Hanya sayur tertentu yang dia suka.

Sawi putih ini juga kurang begitu disukai. Kecuali kalau dicampur dengan mie. Tapi akhirnya luluh juga.

Sawi putih tentu sangat familiar bagi kita. Tapi sayuran ini jarang sekali dilirik saat kita belanja. Sayang sekali, padahal manfaatnya banyak loh. Sekali-kali coba kita lirik dan kita ambil, tapi tentunya harus bayar dulu ama penjualnya ya. Kita olah dengan eksperimen bumbu dan campuran sayur yang berbeda. Pasti akan menghasilkan menu baru dari sawi putih ini. Jangan hanya dibuat sup atau campuran mie goreng

Sawi putih kali ini akan saya eksekusi menjadi cah sawi putih dengan telur. Resep saya ambil dari majalah sedap pemula edisi 48 tahun 2008

CAH SAWI PUTIH DENGAN TELUR

Untuk 5 porsi

Bahan:

  • 1 ikat (300gram) sawi putih, potong-potong 3 cm (atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih iris halus
  • ½ buah bawang bombay, potong kotak
  • 2 buah cabai meah besar, potong serong
  • 2 butir telur dan ¼ sdt garam, kocok rata
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdm saus tiram
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt gula pasir
  • 100 ml air
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih, bawang Bombay, dan cabai merah besar sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Tambahkan kocokan telur. Aduk sampai berbutir
  2. Masukkan sawi putih. Aduk sampai setengah layu. Tambahkan kecap ikan, saus tiram, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata
  3. Tuang air. Masak sampai matang

cah sawi putih dengan telur

See..simple kan. Try it and get a different taste from this vegetable

Note:

ü  Aduk – aduk telur sekedarnya saja, agar diperoleh butiran telur yang besar-besar

ü  Jika suka pedas bias ditambahkan cabai rawit merah

ü  Masukkan batang sawi terlebih dahulu karena agak keras jadi butuh waktu yang agak lama saat menumisnya dibandingkan daunnya