TONGSENG SAPI

Sebenarnya, sudah lama ingin mencoba resep ini. Dan baru kesampaian kemarin saat melihat ada stok daging dan kol di lemari es.

Saat membaca resepnya, kelihatannya agak rumit dengan macam bumbu yang lumayan banyak. Tapi setelah mencoba membuatnya, ternyata mudah.

Daging yang saya gunakan daging sapi bagian sengkel. Bagian sengkel menurut saya rasa dan teksturnya lebih enak.

Tongseng

Fatmah Bahalwan

Bahan:

  • 1 kg daging kambing dengan tulang
  • 5 sdm minyak untuk menumis
  • 1 1/2 liter air, untuk merebus
  • 500 ml santan kental

Bumbu halus:

  • 2 sdm ketumbar, sangrai
  • 10 bh bawang merah
  • 6 bh bawang putih
  • 1 sdt jintan
  • ½ sdt biji pala
  • 1 sdt garam

Bumbu lain:

  • 6 lbr daun jeruk purut
  • 2 lbr daun salam
  • 1 btng sereh, memarkan
  • 1 bungkus bumbu gulai siap pakai
  • 6 sdm kecap manis
  • 5 lbr daun kol
  • 2 bh tomat, belah 4

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan bumbu gulai hingga wangi. Masukkan daging kambing, aduk-aduk hingga terlumuri bumbu dan daging berubah warna. Masukkan daun jeruk, daun salam dan sereh, aduk rata. Tuang air, masak terus hingga mendidih dan daging empuk. Tambahkan santan dan kecap, aduk dan masak hingga mendidih.
  2. Menjelang diangkat, masukkan kol yg sudah dipotong kasar dan tomat. Tutup wajan sebentar. Angkat.

tongseng sapi lr1ps

Iklan

LOMBOK KETHOK

Namanya lombok kethok, dimana sajian ini menjadi salah satu sajian favorit Raja Keraton Yogyakarta jaman dahulu.

Masakan yang hampir mirip dengan asem – asem daging ini menggunakan cabai yang banyak. Jadi kalau ditanya bagaimana rasanya, yang pasti seger. Perpaduan antara pedas, asam, dan manis.

Dan untuk resep asli saya nyontek dari bookled tabloid Saji edisi 236, dan saya tambahkan jahe di kuahnya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

  • 400 gram daging sapi, bagian sengkel
  • 500 ml air
  • 10 butir bawang merah, diiris tipis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 3 buah cabai merah besar, dipotong 2cm
  • 3 buah cabai hijau besar, dipotong 2 cm
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula merah, sisir halus
  • 1 1/2 sendok makan air asam jawa dari 1 sendok makan asam jawa dan 1 sendok makan air
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Rebus daging sampai daging empuk. Angkat daging. Potong-potong 2×2 cm. Masukkan kembali daging ke dalam kaldu mendidih.Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, dan tomat hijau sampai harum dan matang. Angkat, lalu masukkan ke dalam rebusan daging.
  3. Masukkan kecap manis, garam, gula merah, dan air asam jawa. Masak sampai matang. Sajikan.

Untuk 6 porsi

lombok ketok fix1 lombok ketok k

SOTO DAGING

Saat musim penghujan, sajian hangat pasti jadi menu andalan. Salah satu yang menjadi menu favorit saat musim ini datang adalah soto. Semangkok soto panas dengan ditemani gerimis hujan, hmmm nikmatnya.

Yes, soto daging hangat nan segar saya buat untuk menu sarapan dan makan malam kami. Dan kali ini untuk bumbunya saya bikin sendiri. Sedikit repot sih, tapi puas dengan hasilnya. Tetapi kalau tidak mau ribet bisa memakai bumbu jadi yang banyak di jual baik di supermarket atau di pasar – pasar tradisional.

Resep hasil browsing dari webnya sajian sedap. Satu resep untuk 8 porsi.

Bahan – bahan :

  • 300 gram daging sandung lamur
  • 150 gram babat, direbus, dipotong – potong
  • 100 gram paru, direbus, dipotong – potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil putihnya dimemarkan
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek – sobek
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 3 ½ sdt garam
  • ½ sdm gula pasir
  • 2000 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 3 cm jahem, dimemarkan
  • ½ sdm ketumbar
  • ½ sdt merica

Bahan Pelengkap :

  • 3 sdm bawang putih goreng untuk taburan
  • 3 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan
  • 2 tomat merah, diiris

Sambal Cabai Rawit :

  • 14 buah cabai rawit merah, direbus
  • 2 siung bawang putih, direbus
  • 1/8 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Rebus daging, daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk sampai matang dan empuk. Angkat daging, potong – potong. Ukur kaldunya 1750 ml (untuk langkah satu ini aku rebus daging dulu tanpa bumbu di air mendidih kurang lebih 15 menit, setelah itu air rebusan dibuang. Lalu direbus lagi dengan bumbu – bumbu sampai empuk. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kaldu)
  2. Rebus lagi daging, babat, dan paru bersama air kaldu sampai mendidih.
  3. Tumis bumbu halus dan sebagian irisan daun bawang sampai harum. Tuang ke rebusan daging. Masak sampai mendidih dan matang.
  4. Sajikan soto dengan taburan bawang putih goreng, daun seledri, tomat iris, dan sambal cabai.

soto daging

Yes..ini soto daging dengan bumbu hasil ulekan sendiri. Bukan beli jadi. Semangkok soto daging ala dapur pawonsgallery yang penuh cinta. HAPPY COOKING ALL

 

DENDENG RAGI DAGING SAPI

Ketika hari Raya Idul Adha, pasti persediaan daging banyak di lemari es. Biasanya diolah jadi gule atau kalau tidak ya sate. Dan kalau masih ada stok lagi yuk dibikin dendeng ragi. Buat simpanan stok lauk ok juga loh.

Resep yang saya gunakan dari webnya sajiansedap.com. Resep ini menurut saya yang versi praktis. Karena bumbu halus tidak ditumis dahulu tetapi direbus dengan daging hingga dagingnya empuk.

Dalam pembuatan dendeng ragi ada berbagai cara. Ada yang kelapa parut disangrai dahulu, ada yang bumbu ditumis dahulu, ada yang memakai jintan. Ingin memakai yang cara apa terserah kita. Karena akan menghasilkan tekstur, warna, dan rasa yang berbeda.

Resep yang saya coba ini yang versi praktis dan sederhana. Tapi menghasilkan rasa yang lezat. Karena saya ingin menghasilkan tekstur kelapa parut yang kering, maka saya aduk terus sampai kurang lebih 45 menit dengan api sedang cenderung kecil hingga tekstur kelapa parutnya menjadi kering.

dendeng ragi

DENDENG RAGI DAGING SAPI

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

500 gram daging sengkel, diiris tebal 1/2 cm melawan serat

2 lembar daun salam

3 cm lengkuas, dimemarkan

5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya

2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan

2 sendok teh asam jawa

900 ml air

200 gram kelapa parut kasar

Bumbu Halus:

13 butir bawang merah

6 siung bawang putih

2 buah cabai merah keriting

2 butir kemiri, disangrai

1 sendok makan ketumbar

1 1/2 sendok teh garam

3 sendok makan gula merah sisir

Cara Pengolahan :

  1. Remas-remas daging dengan bumbu halus.
  2. Masukkan ke dalam wajan. Tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, dan asam jawa.
  3. Tuang air sedikit-sedikit dan masak sampai daging empuk.
  4. Masukkan kelapa parut kasar. Aduk sampai meresap.

untuk 5 porsi

Pada akhirnya saya bisa membuat dendeng ragi yang lezat. This is DENDENG RAGI DAGING SAPI ala dapur pawonsgallery.

dendeng ragi

SEMUR DAGING SEDERHANA

Sepertinya sudah lama saya tidak berbagi pengalaman memasak saya. Terlalu fokus pada pembuatan kue kering jadi salah satu penyebabnya.
Dan kali ini saya akan berbagi resep masakan. Dengan bahan utama daging sapi.
Daging sapi yang saya olah menjadi semur. Tapi tidak menggunakan santan. Jadi rasanya segar manis.

SEMUR DAGING SEDERHANAsemur daging sederhana
Bahan:
~ 300 gram daging semur. Potong kotak 3×3 cm
~ 1 buah kentang ukuran sedang, potong 8 bagian memanjang.
~ 1 cm jahe, memarkan
~ 2 cm kayu manis
~ 1 sdt garam
~ 1/4 sdt pala bubuk
~ 1/4 sdt merica bubuk
~ 3 sdm kecap manis
~ 500 ml air


BUMBU HALUS
~ 6 butir bawang merah
~ 3 siung bawang putih

~ 4 butir kemiri, disangrai (tidak saya gunakan)

~ 1 cm lengkuas (tidak saya gunakan)


CARA MEMBUAT:
1. Goreng kentang sampai berkulit
2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air. Tambahkan jahe, pala bubuk, kayu manis, garam, merica bubuk, dan kecap manis sampai mendidih
3. Masukkan daging dan kentang. Aduk rata. Kecilkan api dan biarkan sampai meresap. Angkat
Resep saya ambil dari majalah sedap edisi 63 tahun 2011. Dengan tambahan irisan cabai hijau besar dan cabai rawit. Karena kami pecinta pedas. Jadi serasa ada yang kurang bila tidak ada cita rasa pedas.

semur daging sederhana

Dan beneran lo, rasanya seger manis dan pedas.
HAPPY COOKING MOMS

SUP IGA AROMA LIMAU

sup iga aroma limau

Sup iga ini sangat enak dan mudah sekali membuatnya. Bahkan bagi pemula pun bisa mengolahnya.

Mungkin yang terbayang susahnya mengolah iga. Mau dibikin apa, bagaimana cara pengolahannya?? Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Untuk memperoleh iga yang empuk, rebus dulu selama kurang lebih 1,5 jam sebelum diolah. Sebelumnya bersihkan lemak-lemak yang menempel pada daging iga. Kalau kita ingin mengambil kaldunya, rebus dengan api kecil agar kaldu tidak keruh. Tambahkan jahe dan daun salam untuk mengurangi bau amis. Jangan lupa buang buih yang keluar sebelum kaldu mendidih di permukaan air rebusan. Karena itu bias membuat kaldu kurang jernih dan memberikan aroma yang kurang enak pada kaldu.

Setelah empuk, tiriskan iga dan biarkan kaldunya dingin. Nanti akan ada lemak yang membeku di permukaan kaldu. Nah…tinggal kita ambil dan buang, sehingga kaldu kita tidak akan berlemak.

Sup ini bumbunya sangat sederhana. Ya..menggunakan bumbu dasar sup. Gampang kan?!!! Berikan perasan air jeruk limau menjelang diangkat agar aroma dari jeruk limau tidak hilang karena pemanasan.

sup iga aroma limau

Gimana,,,,,mau mencoba

Resep diambil dari tabloid saji edisi 195

sup iga aroma limauSUP IGA AROMA LIMAU

Untuk 8 porsi

Bahan:

  • 750 gram iga sapi
  • 150 gram wortel,dipotong 1 cm atau sesuai selera
  • 300 gram kentang, dipotong kotak
  • 25 gram kapri, dipotong serong 2 bagian
  • 2500 ml air
  • 2 siung bawang putih, dicincang halis
  • ½ buah bawang Bombay, diiris panjang
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 3 sdt garam (atau sesuai selera)
  • 1 sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
  • ½ sdt pala bubuk (atau sesuai selera)
  • 2 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
  • 1 batang daun bawang, dipotong ½ cm
  • 1 tangkai seledri, diiris-iris
  • 1 sdt air jeruk limau
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Rebus iga dalam 2500 ml air bersama 2 cm jahe dan 2 lembar daun salam sampai empuk. Ukur kaldunya menjadi 1800 ml. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang Bombay, daun jeruk, dan jahe sampai harum. Masukkan iga, wortel, kentang, kapri. Aduk rata. Tambahkan garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tuang kaldu. Masak sampai mendidih dan matang. Masukkan daun bawang dan seledri. Diamkan cebentar. Aduk rata
  4. Tambahkan air jeruk limau. Aduk rata. Angkat

DAGING MASAK PEDAS

Selamat Hari Raya Idul Adha…agak telat sih tapi ga pa pa kan. Ah akhirnya…dagingnya dimasak juga. Ini masih daging batch pertama. Masih bingung mau dibikin apa daging di kulkas.

“Meminjam istilah teman” hari ini the hot is not public (panase ora umum) (lahh terus opo hubungane????)

Resep ini diambil dari tabloid saji edisi 216. Setelah bongkar bongkar tumpukan resep akhirnya nemu deh. Dengan bahan yang ga terlalu ribet dan cara membuat yang simpe, pasti mudah membuatnya. Well…if you like it…monggo dicoba dhateng griya…

daging pedas

DAGING MASAK PEDAS

Untuk 4 porsi

Bahan:

  • 300 gram daging sapi has dalam, dipotong kotak 3x3x3 cm (kalo ga ada daging sapi daging kambing juga ok, tergantung selera. Dipotongnya juga tergantung selera, kalo kebesaran bias diperkecil)
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 1 sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ½ sdm gula merah
  • 1 sdm air asam jawa dari 1 sdt asam jawa dan 2 sdm air
  • 300 ml air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdt terasi goreng
  • 1 cm jahe
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah besar, dibuang bijinya
  • 3 buah cabai rawit

CaraMembuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum
  2. Masukkan daging sapi. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu
  3. Masukkan garam, merica bubuk, gula merah, dan air asam jawa. Aduk rata
  4. Tuang air. Masak sampai matang dan kental

Catatan

  •   Penggunaan air boleh ditambah jika diras daging belum empuk.
  •   Lebih enak jika irisan daging tidak terlalu tebal agar cepat empuk dan bumbunya lebih meresap…tapiii tergantung selera kok