KETUPAT LEBARAN

Ketupat lebaran. Mungkin sudah umum bagi semuanya dan tidak ada yang berkesan dari ketupat. Tapi bagiku ketupat adalah masakan yang berkesan. Hanya ada satu tahun sekali setelah bulan ramadhan. Dan sangat khas sekali. Semua orang pasti membuatnya baik saat hari raya lebaran ataupun setelah lebaran.

Ini adalah masakan ketupatku yang ke 3 dengan takaran bumbu yang benar. Dua masakan ketupatku yang lalu bumbunya nggak bikin sendiri. Xixixixixi dibkinin ama ibu…dan sukses akhirnya. Menjadi berkesan karena mengingatkan masa kecil saat semua masih ngumpul jadi satu. Yang nganyami ketupat mbah,,,bikinnya juga ga pernah sedikit karena pasti ngasih bulik dan budhe. Hiks…hiks…miss you. My grandfather and my father.  Terus biasanya ibu nyisain 5 buah ketupat buat digantung di atas pintu…

Akhirnya inilah ketupat sayur ala aku yang akan kurindukan. sampai bersua tahun depan. Insya Alloh

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam “GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito”

Iklan

KUE MANGKUK BUAT MEGENGAN

Mamito…..akhirnya ikut juga dengan waktu yang mepet. Semoga masih diterima.

Kue mangkuk ini pertama kali nyoba. Waktu itu rencananya mau buat isian hantaran megengan awal puasa buat tetangga. Setelah browsing resep di mbah Google dan ngublek ngublek tumpukan resep dari tabloid saji dan koki eeee malah pilihan jatuh pada resepnya bu fatma bahalwan ownernya ncc Indonesia. Makasih ya buuuu

Persiapan udah satu hari sebelumnya. Resep dibaca berkali kali. Semua bahan disiapkan..dannnnnnn besoknya langsung bikin. Setelah timbang sana timbang sini semua bahan dan sesuai dengan petunjuk resep, mulai deh dieksekusi adonan ke kukusan. Eh iya mau cerita tentang kukusan. Akhirnya setelah nunggu sekian lama, dibeliin juga ama hubby kukusan besar atau langseng kotak atau klakat. Ini udah lama masuk dalam wanted listku. Senengnya……dan  kue mangkuk ini yang pertama kali mendapat kehormatan masuk duluan di klakat baru.

Sambil memasukkan adonan ke kukusan sambil komat kamit berdoa semoga berhasl.H2c……harap-harap cemas….setelah 10 menit,,,,,wolaaaaaaa mekrok semua kue mangkuknya. Ga ada yang tersenyum, semua tertawa lebar kuenya. Alhamdulillah……berhasil. Senengnya…..

kue mangkuk ala pawonsgallery

Dengan berbekal kepedean karena percobaan pertama sukses…akhirnya mau bikin kue mangkuk yang bahan tape singkongnya diganti dengan tape ketan. Yang katanya menurut resep, hasilnya lebih lembut dari tape singkong Bermodal nekat karena tanpa percobaan dulu

Apa yang terjadi….hari H waktu megengan saat akan dianter ke tetangga. Dengan full PD nya bikin tuh kue mangkuk dengan bahan tape ketan ijo. Semua udah ditakar dan dibuat sesuai resep. Warnaya bagus, hijau yang sangat menggoda iman. Masuk ke kukusan. Dan yakin kalo sukses. Diintip setelah 10 menit. Loh..loh…loh…kok belum mekrok. Masih cemberut semua. Api aku besarin tambah waktu 10 menit..La dalah… kok tetep, Cuma nambah senyum dikit…wuaaaaaaaaaaaa…….gagal. langsung lemes. Adonan 2 resep segitu banyaknya buat apa..hiks..hikss..gimana nih. Mana udah sore. Niatnya mau bikin yang lebih enak eee malah gatot. Sampe akhirnya jatuh sakit karena kecapaian bikin kue mangkuk..ahhhhhh kue mangkuk ternyata aku masih belum bisa menaklukkanmu. Tapi masih ada lain waktu yang menunggumu untuk kutaklukkan. CEMUGUTHHHHH.

Kue mangkuk yang gatot belum sempat dipoto,,soalnya udah sakit duluan…

Buat mamito walaupun telat ga pa pa kan ngucapin selamat ulang tahun…mengamini semua doa yang baik ya mamito

“Tulisan ini diikutsertakan dalam “GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito”