SOTO AYAM KEDIRI

Setoran pertama tahun 2016 untuk pawonsgallery.

Menurut saya makanan yang nikmat disantap saat musim penghujan adalah soto. Entah itu soto ayam atau soto daging. Kuahnya yang hangat dan aroma gurihnya selalu bisa membuat saya tergoda untuk menikmatinya. Hmmm

Karena selalu tergoda dengan hangat dan gurihnya soto, kemarin saya membuat soto sendiri. Kadang kalau beli suka kurang puas dengan irisan dagingnya. Sedikit sekali.

Soto yang saya buat kemarin adalah soto ayam khas daerah tempat saya lahir. Soto ayam kediri. Soto ayam yang sangat jarang saya temui di tempat tinggal saya sekarang. Kebanyakan yang dijual soto ayam lamongan.

Sebenarnya apa sih yang membuat beda soto ayam kediri ini dengan soto ayam yang lain. Yang membedakan dengan soto yang lain di Jawa Timur adalah tambahan santan dalam kuahnya dan komposisi bumbu.

Adanya tambahan santan ini membuat soto ayam kediri lebih gurih tetapi tidak eneg. Dan dalam penyajiannya tidak ada tambahan bubuk koya. Walau tidak ada bubuk koyanya rasanya tetap nikmat.

Rasanya yang beda inilah yang membuat saya kangen dengan soto ayam kediri ini.

Sengaja saya kurangi kekentalan santannya karena suami kurang suka dengan santan kental. Jadinya kuahnya kurang kental.

soto kediri raw file blog 1

Soto Ayam Kediri

Bahan :

  • I ekor ayam, dipotong 4 bagian. Cuci bersih
  • 4 batang serai, dimemarkan
  • 10 lbr daun jeruk, dibuang tulangnya (bisa dikurangi)
  • 5000 ml air
  • 2 sdm garam (atau sesuai selera)
  • ¼ sdt merica bubuk (atau sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
  • 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa (penggunaan santan kental saya kurangi kekentalannya)
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 2 cm jahe
  • 8 butir kemiri, sangrai

Bahan pelengkap :

  • 100 gram soun, diseduh sebentar
  • 4 butir telur rebus, dipotong – potong
  • Bawang merah goreng untuk tanuran
  • Jeruk nipis, dipotong – potong
  • 3 batang seledri, diiris halus
  • Taoge pendek
  • 100 gr kubis, diiris halus
  • 2 batang daun bawang, potong – potong 1 cm

Cara membuat :

  1. Rebus ayam dengan sebagian air (lebih kurang 2500ml) hingga mendidih. Lalu buang airnya.
  2. Rebus kembali ayam dengan sebagian lagi sisa airnya hingga berkaldu.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk sampai harum. Tuang ke dalam rebusan ayam. Biarkan sebentar.
  4. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Rebus sampai mendidih. Angkat ayam. Sisihkan ayamnya.
  5. Tuang santan kental. Tambahkan tomat yang telah diiris jadi 4 bagian. Masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih. Angkat
  6. Goreng ayam asal berkulit. Iris tipis
  7. Sajikan soto bersama irisan ayam dan pelengkapnya

Seperti itu cerita saya tentang soto ayam kediri. Masakan khas tempat saya lahir dan menyatapnya membuat saya teringat saat saya masih kecil dulu. Setiap makanan punya cerita.

Tinggalkan Balasan

