CARROT CHICKEN NUGGET

Punya stok putih telur banyak di kulkas. Mau dibikin kue kering tapi masih belum ada niat untuk mengeluarkan oven. Ya sudahlah dibikin nugget aja. Dan pilihan saya ada pada nugget wortel.
Nugget ayam dengan tambahan wortel tentu menyehatkan. Wortelnya diparut ya ibu – ibu, jadi bisa buat siasat ke anak kalau tidak suka wortel. Rasanya manis dan gurih. Sukaa sekali.
Resepnya saya ambil dari majalah Sedap Pemula 43/2008. Saya modifikasi sedikit hanya pada bahan pencelupnya saja dan pemakaian kaldu blok.

nugget wortel
CARROT CHICKEN NUGGET
Lama persiapan : 55 menit
Jumlah : 28 buah
Bahan :
• 300 gram ayam giling
• 2 sdm tepung panir halus
• 2 siung bawang putih, haluskan
• 2 buah (150 gram) wortel, parut
• 2 putih telur
• 1 blok kaldu ayam
• 1 ¼ sdt garam
• ½ sdt merica bubuk
• ½ sdt pala bubuk
• Minyak untuk menggoreng
Bahan Pencelup :
• 2 putih telur
• 4 sdm tepung terigu protein sedang
• 2 sdm air
• 150 gram cornflake, hancurkan kasar untuk pelapis
Cara Membuat :
1. Campur semua bahan jadi satu. Tuang di loyang 22 x 22 x 4 cm yang dialas plastik.
2. Kukus 3 menit sampai matang.
3. Pencelup, aduk rata putih telur, tepung terigu dan air.
4. Potong – potong nugget dengan ukuran 2 x 4 cm. Celupkan di bahan pencelup. Gulingkan di cornflake.
5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
Modifikasi ala saya yaitu bahan pencelupnya saya ganti dengan tiga putih telur yang dikocok lepas dan 150 gram tepung nugget.
Kaldu blok saya ganti dengan 1 sdm bawang putih goreng yang dihaluskan.
Dan carrot chicken nugget siap menemani acara makan saya. Stok lauk yang saya simpen di freezer.

This is it Carrot chicken nugget ala pawonsgallery

nugget wortel

Sebaiknya gunakan wortel impor untuk rasa yang lebih manis. Kalau menggunakan wortel impor, cukup satu buah wortel saja.

Tinggalkan Balasan

